Kamis, 20 Oktober 2011

Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Bawah Pekanbaru atau yang saat ini telah berganti nama menjadi Pasar Wisata adalah salah satu tempat wajib kunjung bagi siapapun yang berkunjung ke Pekanbaru. Katanya, tidak ke Pekanbaru kalau tidak ke Pasar Bawah. Barang yang dijual di Pasar Bawah, salah satu tempat wisata andalan Pekanbaru ini cukup lengkap. Mulai dari Baju, tas, sepatu, karpet, barang pecah belah, asesoris, souvenir khas Pekanbaru sampai ke makanan-makanan impor. Yup...impor. Tidak hanya makanan, banyak juga tas dan sepatu dengan merk luar dijual di sini dengan harga miring.

Pekanbaru memang tidak sepopuler Padang atau tempat lain di pulau Sumatera yang menawarkan keunikan wisata alam atau budayanya. Tapi kalau ke Pekanbaru, sempatkanlah untuk mengunjungi Pasar Bawah. Pasar ini terletak di pusat kota Pekanbaru dekat dengan Pelabuhan Sungai Siak. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, ada taxi dan angkutan umum yang rutenya melewati Pasar Bawah sana.

Sama seperti pasar-pasar lainnya, Pasar Bawahpun ramai dikunjungi masyarakat ataupun turis lokal yang sengaja berkunjung untuk belanja. Awalnya saya mengira, waduuuh...ini sih sama ajah kayak pasar baru yang ada di Bandung. Tapi ternyata, setelah masuk dan melihat lebih dekat, Pasar Bawah memang menawarkan barang-barang ekslusif dari luar yang dibawa dari Batam. Seperti tas-tas dengan merek Tods, Hermes, Dolce & Gabbana, Louis Vuitton dan masih banyak lagi yang dijual dengan harga cukup miring antara 200 ribu - 1 juta ke atas tergantung ukuran dan merek tas. Layaknya pasar lain, di Pasar Bawahpun juga harus pintar menawar. Jangan kalah sama yang jual, heheeee...

Selain tas dan sepatu merek luar, Pasar Bawah ini juga menyediakan asesoris wanita, makanan impor seperti coklat, roti gabin dan biskuit. Kuliner lokal juga tidak ketinggalan untuk dijual di Pasar Bawah diantaranya Lempok durian, patin dan bolu kemojo khas Pekanbaru jangan sampe lupa dibawa untuk oleh-oleh pulang. Pecinta batik Indonesia juga bisa memanjakan kecintaannya untuk membeli dan memakai batik khas Pekanbaru yang juga dijual di Pasar Bawah. Tak hanya itu, gantungan kunci atau kaos-kaos yang bertuliskan Riau atau Pekanbaru bisa banyak ditemukan di toko-toko di dalam lingkungan Pasar Bawah.

Di Pasar Bawah Pekanbaru ini, dulu pernah terjadi kebakaran. Dan tampilan yang terlihat sekarang adalah hasil rehab yang dilakukan pemerintah daerah. Sebelum terjadi kebakaran, banyak barang selundupan dari luar yang masuk dan diperdagangkan di tempat ini. Namun sekarang katanya sudah tidak. Katanya... :D

So, tunggu apa lagi? Jangan sampai lupa menyelipkan Pasar Bawah Pekanbaru sebagai objek wisata belanja jika berkunjung ke Pekanbaru... 

 

15 komentar:

Arya Poetra mengatakan...

Postingan yang mengangkat daerah khas. Sy suka postingan seperti ini. Nice Mba Dinni.

Dibalik musibah-musibah yang saat ini sering menimpa bangsa kita, Indonesia memang keren ya! Beragam kebudayaan.. Masakan Daerah.. Tari-tarian.. hanya ada di Indonesia.

dienz mengatakan...

Merdeka!!! eh salah, Setuju!!!

harusnya kita lebih pintar dalam manfaatin apa yg kita punya,,

bangsa jadi orang Indonesia... (sok iye, hahaaa)

Fiction's World mengatakan...

kenapa disebut pasar bawah ya, letaknya memang dibawah apa ?

dienz mengatakan...

katanya sih karena letaknya di bawah... :D

kurang puas yah? samaa, heheee...

Insan Robbani mengatakan...

wah... ini jagonya cerita tentang hasil travelingnya...
Pasar bawah di Pekan baru, sepertinya baru denger nih, kalo baca ceritanya sepertinya oke jg, barang kwalitas import, kalo harganya..???
btw kapan menjelajah ke surabaya..??

dienz mengatakan...

harganya dijamin miriiiing...

iya ih, surabaya seringnya cuman lewat ajah...
mdah2an bisa secepatnya... :D

Usman 13ob mengatakan...

numpang Lewat yA.. ^ ^

cheitumminyafardais mengatakan...

perempuan memang identik dgn belanja,dan harga miring....asal bukan topi miring....hehehehe...salam:)

ROe Salampessy mengatakan...

hahahahaha... ngakak dengan koment di atasku. :)

perempuan memang identik dgn belanja,dan harga miring....asal bukan topi miring....hehehehe

dienz mengatakan...

singing "tidak semua, perempuaaaaaaaaannnn...."

Bintang Dandelion - Widie mengatakan...

wah, postingannya ditempat saya tinggal nih :)
salam kenal mbak :)

msdienz mengatakan...

salam kenal juga...

orang pekanbaru toh?
waktu saia d pekanbaru, bingung mau jalan2 kemana,
katanya ada istana juga yah di sana...?

Saya Suka mengatakan...

Tentu saja, jika pernikahannya adalah pernikahan adat Pekanbaru, maka souvenir pernikahan Pekanbaru menjadi andalan untuk pemanis di dalamnya. Apa yang menjadi pilihan utama dalam opsi souvenir di kala banyak souvenir yang dijual di pasaran sekarang? Ya, dalam pemilihan suatu souvenir pernikahan, hal yang diperlukan adalah apakah anda suka atau tidak dengan souvenir tersebut. Inilah selera pemilihan untuk souvenir pernikahan. Jadi, bagi anda yang akan mencari souvenir pernikahan,hendaklah anda tidak datang sendiri untuk memilih banyak opsi karena mungkin saja opsi souvenir yang anda pilih berbeda selera dengan yang pasangan anda pilih.

any mengatakan...

ada istana SIAK :D
4 tahun yg lalu saya ke pasar Bawah tsb. Dan sekarang sedang berangan-angan utk kesana lagi.

imam ciprut mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com

Poskan Komentar