Jumat, 27 Juli 2012

Warung Nasi Ampera, Favoritnya Masakan Sunda...

Bandung itu pusatnya kuliner. Segala macem makanan ada di sini. Entah karena memang banyak orang kreatif yang bikin beragam masakan jadi selera atau memang hawa kota Bandung yang pas banget buat makan. Nah, ngomongin kuliner di Kota Bandung engga akan lepas sama kuliner aslinya, Sunda. Banyak banget rumah makan sunda bertebaran di seluruh penjuru kota Bandung. Salah satu yang jadi favorit adalah Rumah Makan Ampera/Warung Nasi Ampera. Dibilang ga ke Bandung deh kalau belum mencicipi masakan sunda yang satu ini.

Orang sunda itu asalkan ada lalap dan sambel, ga peduli apa lauk lainnya, makannya pasti lahap. Ini juga yang jadi keuunggulan Rumah Makan Ampera. Sambel terasi pedes dan Lalap yang bikin orang ketagihan untuk kembali ke rumah makan ini. Harganya juga cukup terjangkau dengan kualitas makanan yang maknyus dan kondisi rumah makan yang nyaman.

Adat kebiasaan orang sunda saat makan diterapkan di rumah makan ampera ini. Dengan mengusung tema self service, lauk yang ada disajikan secara parasmanan. Kita tinggal mengambil mau makan sama apa kemudian membayarnya di kasir. Si kasir akan menawarkan apakah lauknya akan dihangatkan atau tidak. Harus pilih dihangatkan, biar santapannya lebih nikmat. Kita juga tidak usah menunggu lama ketika lauk dihangatkan, karena hanya akan memakan waktu 5-10 menit saja.

Menunya sangat beragam, mulai dari ayam (bakar, goreng, pepes), ikan mas (goreng, pepes), gurami, gepuk, jamur, babat, cumi bakar, soto bandung, sayur asem, perkedel jagung, perkedel udang, tumis kangkung, tumir genjer, tahu goreng, tahu pepes, tempe, ati ampela, karedok dan maaasih banyak lagi. Ada juga minuman-minuman segar seperti air mineral, aneka juice, softdrink, sop buah dan lainnya.  Menu favorit saya adalah pepes ikan mas ditambah perkedel jagung jangan lupa tambah sambel terasi yang super pedes dan lalapan. Disantap ketika hangat, ngileeeeeeeer. 

Pernah suatu ketika saya dan teman-teman baru saja pulang jalan-jalan. Sedang dalam kondisi sangat lapar dan capek. Mau makan di mana? Dengan lantang seemua menjawab “Ampera!”. Tanpa pikir panjang kami meluncur menuju rumah makan ampera cabang buahbatu. Jika biasanya saya dan teman-teman selalu ribut mengobrol dan tertawa ketika makan, hari itu tidak. Semua diam, sibuk dengan makanannya masing-masing. Saking lapar dan nikmatnya, salah satu teman saya tidak menaggalkan tas dan membiarkannya menggantung di pundak kiri sampai makan selesai. Mengetahui hal itu, sontak kita semua tertawa. Ada lagi kelakuan satu teman yang aneh. “Saya mau nambah ah, tapi cuman mau lalap sama sambelnya ajah”. Yang lain bengong. Engga salah nih? Cuman mau makan lalap sama sambelnya ajah?. Speechless deh. 

Soal makanan memang selera. Tapi jika mau merasakan masakan sunda asli. Ampera wajib coba. Di Bandung saja, hampir di semua tempat strategis, Rumah Makan Ampera tegak berdiri. Tercatat ada 50 cabang di Bandung. Salah satunya di Buahbatu. Tepatnya di Jl. Buah Batu No.199 Bandung. Peta lokasi di streetdirectory bisa dilihat di bawah ini.



Nah, ini sedikit cerita tentang Warung Makan Ampera, rumah makan favorit orang sunda. Gimana dengan kamu?

*Sumber Gambar : http://www.streetdirectory.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar